atas

Thursday, September 28, 2006

Peribahasa Perancis

Dari satu novel yang kubaca ada sebuah peribahasa Perancis yang bunyinya "Aku tidak percaya hantu tapi aku takut hantu". Aku tidak tahu arti sebenarnya tapi sepertinya ada ironi disitu, ada kesangsian dan ada keraguan antara yang diucapkan dan yang dirasakan.

Aku ingat peribahasa itu setelah menjawab pertanyaan seorang anak kecil. Sulit untuk menjawab pertanyaan anak-anak. Kita jawab A dia akan tanya lagi tentang A. Kita jawab B dia akan tanya lagi tentang B. Sampai akhirnya aku jawab kita melakukan semua ibadah puasa ini biar masuk surga. Dan dilanjutkan dengan pertanyaan "Om dan aku nanti masuk surga nggak?" tanyanya. Akhirnya aku jawab "Iya, tentu saja kan Allah maha pengasih dan maha penyayang, suka baca Bismillah kan?" jawabku balik bertanya.

Apakah aku akan masuk surga? Aku tidak tahu tapi lihat mata yang berbinar dari anak itu. Dia sangat yakin akan masuk surga setelah mendengarkan penjelasanku tapi aku sendiri malah tidak tahu.

Tak terasa puasa tinggal 25 hari lagi maksudnya masih 25 hari lagi. Apa saja yang kulakukan biasanya di bulan puasa? Ada beberapa hal positif yang kulakukan seperti Sholat ke mesjid yang biasanya cuma jumat siang doang kini jadi hampir tiap malem(baru juga lima hari). Intinya biasanya keimanan ku lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya. Kalau boleh diandaikan jika keimananku dicatatkan di bursa efek Jakarta harganya memang nggak terlalu mahal juga nggak terlalu murah. Tapi di bulan ini pasti harganya lagi bagus. Begitulah keimananku yang fluktuasinya naek turun.

Walaupun begitu bulan puasa tetap godaannya banyak. Kalau bulan ini biasanya melihat wanita semua cantik-cantik. Entah kenapa. Tapi diusahakan agar tak tergoda. Kalau lihat wanita cukup melihaaaatttt sekali saja. Kalau nonton film atau DVD pas ada adegan syur biasanya dilihat kali ini paling nunduk nunggu selesai atau dipercepat sampai adegan itu lewat. Dan lain-lain.

Mudah-mudahan di bulan-bulan setelahnya aku akan tetap mempertahankan keimananku pada harga tertinggi sehingga aku bisa mengubah peribahasa Perancis itu menjadi "Aku tidak percaya hantu" dan tidak ada tapi-tapi an.

4 Comments:

At 10:26 AM, Blogger dahlia said...

gw nga percaya hantu, temenin doooong hahaha nga pake tapi kan???? wakakakakakak

 
At 2:21 PM, Anonymous Anonymous said...

aku lbh takut typhoon daripada hantu...mengerikan...koridor apartment sampai bergetar2 mo roboh... :(
pingin pulaaaaaaaaaaang...

 
At 12:22 PM, Anonymous Anonymous said...

huhuhu saya msh lom puasa niy :(
g percaya hantu tp takut hantu?
klo ganteng c saya g takut :p

_ShOFa_

 
At 4:23 PM, Blogger Unknown said...

Percaya pada yang ghaib adalah salah satu rukun islam

 

Post a Comment

<< Home