atas

Monday, September 11, 2006

Novelnya Mang Jamal

Terngiang-ngiang terus sms dari Mang Jamal, ditunggu kritiknya, katanya. Kalau kata "kritik" mah terlalu berat aku kan bukan kritikus berani-beranian kritik hasil karya orang. Kata "review" juga terkesan kaya bos. Seperti Bos ku yang suka review kerjaanku. Kata "resensi" mungkin masih mending walau tetep kesannya kaya sastrawan. Aku kan bukan sastrawan. Jadi enaknya pake kata... kata apa ya.. Ya anggap sharing aja. Apa yang telah kubaca aku tuangkan ke dalam tulisan di bawah ini. Terima kasih buat Mang Jamal atas kiriman novel-novelnya.

Louisiana Louisiana

Entah apa yang harus kukatakan dengan novel ini semua mengalir begitu deras, diikutin aku terbawa hanyut ke dalamnya, gak diikutin tetap ketarik.

Novel tentang petualangan seorang anak manusia muda di suatu negara yang jauh dari negaranya berasal. Jauh dari sisi jarak juga dari budaya. Petualangan Randi selama tujuh tahun di kota bernama Kopenhagen, Denmark untuk menyelesaikan kuliahnya di bidang Desain.

Kuliahnya kita ke sampingkan dulu. Petualangan Randi dengan wanita dan cinta dan sex. Kesannya vulgar tapi jangan berharap anda menemukan ke-vulgaran di novel ini karena semua terbungkus rapi di balik ceritanya.

Membaca novel ini seperti sedang piknik di negara Denmark, pengarang menceritakan sudut demi sudut kota Kopenhagen dan sekitarnya. Menyenangkan sekali bisa tahu sejarah salah satu negara Skandinavia ini. Selain itu juga banyak pengetahuan tentang seni terutama tentang seni rupa dan desain. Pokoknya teori tentang seni semuanya diceritakan dengan gampang gak bertele-tele.

Hal lain yang kusuka adalah kata-kata dalam penulisan surat dalam novel ini. Mungkin ini jagonya Jamal sang pengarang. Selalu ada surat di novelnya dan itu menarik. Sangat natural. Yang terakhir adalah ending-nya yang bikin aku kaget. Di awal sampai mendekati akhir Randi begitu gampang dapat wanita tetapi di akhir justru sebaliknya. Ending yang tak terduga.

Novel ini dibuat oleh pengarangnya dengan niat mau membuat diktat. Pantaslah kalau isinya dikuasai ilmu pengetahuan.


Rakkaustarina

Bahasa Suomi Finlandia artinya Love Story atau Cerita Cinta.

Dan memang cerita tentang cinta. Cinta yang berkelanjutan dari novel sebelumnya Louisiana Louisiana. Ending cinta dar Randi yang menggantung di novel tersebut diakhiri di novel ini dengan semi happy ending(pokoknya gak sad ending). Tapi Randi bukanlah tokoh sentral di novel ini melainkan adiknya Randi yang bernama Hendra.

Cerita cinta Randi usai sudah dan kini cerita cinta tentang Hendra. Hendra yang ditinggal pacarnya ke Australia dengan alasan yang tidak jelas akhirnya pergi melanjutkan kuliah di Finlandia. Jadi kali ini gak piknik di Denmark tapi Helsinki dan kota-kota sekitarnya di Finlandia. Menyenangkan.

Dari sisi tema cerita maupun gaya bercerita nyaris tidak ada perbedaan dengan novel sebelumnya. Hanya ending cerita yang kali ini happy ending sempurna.

Fetussaga

Artinya Fetus itu jabang bayi, Saga itu kisah atau cerita.

Iya memang ini cerita tentang jabang bayi yang masih di rahim seorang ibu. Perjalanan dari mulai adanya ruh sampai "Eaaa... Eaaa...". Cerita yang sangat unik, seumur hidup baru kali ini aku baca novel seperti ini.

Baca novel ini seperti bukan baca novelnya Jamal. Berbeda sekali dibanding novel sebelumnya maupun setelahnya. Terutama dalam hal tema ceritanya. Cerita cinta masih ada tapi sangat minim, tentang dunia pendidikan sama sekali tidak ada. Sejarah seni? Yang ada sejarah kerajaan Sunda tepatnya kerajaan Galuh. Tidak ada budaya western disini yang ada budaya Sunda.

Ceritanya memang terdiri dari beberapa dunia, ada dunia nyata, ada cerita dari dunia lain, dan cerita tentang janin itu sendiri. Seorang janin berteman dengan para onom(bangsa siluman). Di jaga oleh mereka dari serangan siluman lain sampai lahir ke dunia.

Aneh kan? Bingung Kan? Enggak juga kalau kita membaca novel seluruhnya. Satu kata untuk novel ini yaitu "BEDA".

4 Comments:

At 1:35 PM, Blogger dahlia said...

heyyyy....
dajuh lagi asyiiiik bete ama bosgwyangguanteng ituh

biasalah...dia mulayyy merasa ngak diperhatin lagi
oleh diri kyuuu

yuhuuuu

byeee muach muach nanti kalo dah posting lagi
dan dah bosen hiatus tak kabarin deh !!!

 
At 8:58 PM, Anonymous Anonymous said...

Ada juga novel tentang petualangan seorang anak manusia muda di suatu negara yang jauh dari negaranya berasal. Jauh dari sisi jarak juga dari budaya. Petualangan dynluv selama 3 bulan di kota bernama Manila, Philippines untuk menyelesaikan project di bidang IT.

Projectnya kita ke sampingkan dulu. Tidak ada cerita cinta di novel ini karena kagak ada kandidatnya.

Kalo baca novel ini dijamin beneran piknik ke Manila lho... :))

 
At 7:11 PM, Anonymous Anonymous said...

duhh udah lama g ke gramed, baru denger judul" buku itu..
btw saya ga jago cerita lwt tulisan jd maab yaa resensina dr buku :p

 
At 3:23 PM, Anonymous Anonymous said...

makasih and nuhuns udah baca novels sayah. hehe.

yg kelima -belom beres, hehe- lagi dibikin, rada beda juga tuh...malah judulnya juga belom ada.

geocities.com/mangjamal

 

Post a Comment

<< Home