atas

Friday, September 22, 2006

K'tut Tantri, Revolusi di Nusa Damai

Novel kepunyaan temenku Ary Wardhana awalnya aku males baca soalnya kayak novel ke kiri-kirian. Tapi setelah diterangkan sama dia kalo ini novel populer biasa akhirnya mau juga baca.

Cerita tentang seorang K'tut Tantri wanita kebangsaan Amerika keturunan Inggris tinggal di Indonesia selama 15 tahun dari mulai jaman penjajahan Belanda, Jepang, sampai jaman kemerdekaan.

Ceritanya panjang sulit untuk mempersingkatnya karena hampir semua isinya cerita. Lahir di Skotlandia kemudian beremigrasi ke Amerika menetap di Hollywood. Tahun 1932, saat berjalan-jalan sore di Hollywood Boulevard dia tertegun di depan sebuah gedung bioskop kecil. Dia tertarik untuk melihat pemutaran sebuah film berjudul Bali, Surga Terakhir. Dari situ semua cerita berawal.

Pergi sendirian ke Indonesia berharap untuk tinggal dan menetap di Bali. Diangkat sebagai anak keempat dari seorang raja di Bali dan dari situ dia mendapat nama K'tut Tantri. Di masa penjajahan Belanda dia mendapat kesulitan tetapi di Jaman penjajahan Jepang lebih parah lagi dia malah jadi tawanan Jepang dan disiksa.

Jepang kalah dari sekutu dia bergabung dengan para gerilyawan untuk mendukung Indonesia merdeka. Ikut berjuang walau tanpa menggunakan senjata, ikut merasakan kesenangan maupun kesedihan dengan rakyat Indonesia. Dikenal rakyat sampai kalangan tertinggi. Cerita akhirnya dia kembali ke Amerika setelah Belanda masuk lagi ke Indonesia dan keselamatan jiwanya terancam.

Membaca novel ini membuka wawasan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Membaca buku sejarah mungkin aku males tapi kalau ada ceritanya aku malah tertarik. Aku kini ingat lagi adanya perjanjian Linggarjati, adanya perjanjian Renville. Aku juga kini tahu sebagai apa Sutan Syahrir atau Amir Syarifudin saat jaman kemerdekaan.

Cerita yang berawal sunyi dan berakhir dengan kesunyian.

4 Comments:

At 12:23 PM, Anonymous Anonymous said...

huhuhu aq kurang suka sm buku ttg sejarah tp kyanya buku itu menarik yaa..

 
At 7:18 PM, Blogger zhieepiee said...

Gw suka bgt sejarah terutama ttg bung karno dan masa penjajahan. Kalo ke jogja mampir ke keraton n minta guide buat ceritain sejarah keraton, seru bgt loh.

 
At 6:29 PM, Anonymous Anonymous said...

Buku ini favoritku sejak lama. Sewaktu SD aku pernah baca 'Revolusi di Nusa Damai' (judul asli: Revolt in Paradise) versi ejaan lama terbitan tahun 1955. Nggak nyangka buku ini bisa terbit lagi....

salam kenal

 
At 10:27 PM, Blogger A Boedhi said...

Saya pernah punya buku ini edisi th 1955....sayang..entah hilang kemana...romantika sejarah yang bagus...kalau difilmkan dg araha n sutradara yg baik...paling tidak sekelas Alm Teguh Karya...bisa seperti Englidh Patient..atau bahkan Gone with The Wind

 

Post a Comment

<< Home