atas

Thursday, November 02, 2006

Multiple Personality Disorder

Kepribadian Ganda hanya tinjauan seorang awam.

Kemarin temenku komen katanya aku punya kepribadian banyak gara-garanya kadang aku menjadi I am, kadang aku menjadi Aa, kadang aku menjadi gue, kadang aku menjadi saya, kadang aku menjadi aku. Padahal kan selama ini gue selalu tetap menjadi aku. Gara-gara itu juga saya jadi tertarik untuk menulis tema ini.

Tema ini memang menarik, saking menariknya sudah banyak film yang beredar dengan tema ini. Ada Jeckyl and Hyde, ada Hide and Seek, ada Primal Fear, di Lord of The Ring juga ada makhluk yang punya kepribadian ganda, dan lain-lain.
Di film Indonesia belum pernah lihat tapi kalau di sinetron malah pernah, sinetron ABG judulnya Pacar Khayalan(dengan gaya romantisnya nonton bareng si Felix..:)), cukup aneh juga tema seperti ini masuk dalam sinetron, sinetron cinta ABG bukan sinetron misteri. Di buku malah ada Billy yang punya 24 wajah(kepribadian), buku yang lain Sybill yang punya 16 kepribadian.

Aku tertarik, ya aku tertarik ingin mempelajari orang-orang seperti itu tapi sepertinya di Indonesia kasus seperti ini tidak pernah ada atau mungkin tidak pernah diekspos. Aku jelas bukan Psikolog tetapi buku-buku yang berhubungan dengan psikologi populer aku sangat tertarik.
Kira-kira apa ya penyebabnya? Apa karena di setiap orang ada malaikat juga sekaligus ada setan? Ada sisi buruk dan sekaligus ada sisi baik? Kalau memang karena itu berarti semua orang punya kepribadian ganda. Jadi pasti bukan karena itu. Lalu apa ya?

Akhirnya aku cari jawaban tentang MDP/DID dan tanpa susah payah, tanpa kesulitan berarti berhasil menemukan banyak cerita tentang MDP/DID. Saking banyaknya jadi pusing mana yang harus dibaca. Kepribadian ganda itu menurut DSM versi IV (Apaan tuch? sok tau banget ya gue) tidak masuk dalam Schizophrenia(gila). Penyebabnya lebih karena trauma masa kecil. Terus apa lagi ya?.

Terus salah satu ciri Orang yang punya kepribadian ganda adalah tidak pernah mengaku kalau dirinya punya kepribadian seperti itu. Jadi mendingan aku mengaku saja. Lho. Aku minta maaf kalau seandainya gak nengok pada saat dipanggil Tom Cruise, aku minta maaf kalau seandainya gak jawab saat dipanggil Brad Pitt, itu berarti aku lagi jadi aku.Kenapa saya jadi begini ini teh? Kenapa Aa jadi begini yah? Pokoknya intinya orang itu harus menjadi dirinya sendiri, tidak baik mengaku-ngaku sebagai orang lain. Betul tidak?

Sebenarnya masih panjang cerita tentang kepribadian ganda tapi karena sudah pusing gue bisa jadi tambah gila.

****
MPD = Multiple Personality Disorder
DID = Dissociative Identity Disorder
DSM = Diagnostic and Statistical Manual
Schizophrenia (berasal dari kata Scissor=gunting) = Jiwa yang tergunting

1 Comments:

At 4:59 PM, Anonymous Anonymous said...

pernah belajar yg kya gini waktu kuliah Psikologi Kepribadian..
tp lupa euy penjelasan lengkapna,,
heuheuheu,,

 

Post a Comment

<< Home