atas

Wednesday, November 08, 2006

Cerita Tentang Cerita dan Tokoh Cerita

Sebulan yang lalu sebelum puasa aku dipinjami novel Tom Clancy terbaru dari bos ku judulnya The Bear & The Dragon. Tebalnya 1000an halaman. Saat ini belum selesai mungkin karena lihat bukunya sudah tebal jadi males baca. Sudah tebal juga hurufnya kecil, spasi(jarak antar baris)nya juga dekat alias padat, jarang ada obrolan pendek, juga ceritanya kesana kemari alias loncat-loncat, belum nama Rusia yang susah diingat(sampai saat ini gue gak pernah bisa mengingat singkatan KGB lebih dari satu hari kecuali kalau itu singkatan Khong Guan Biscuit).

Sebelumnya aku gak pernah baca novelnya Tom Clancy tapi kalau nonton filmnya aku sering. Terakhir nonton filmnya judulnya Sum of All fears beberapa tahun yang lalu. Sempet tertidur(sudah biasa nonton sambil tidur) gara-gara nonton estafet dua film juga hawa bioskop yang mendukung. Bangun gara-gara ada ledakan bom di stadion dalam cerita film tentu saja.

Ceritanya selalu ada ketegangan, ketegangan yang dibangun atas kecurigaan bangsa yang satu terhadap bangsa yang lain. Seperti novel ini The Bear & The Dragon walaupun belum selesai baca tapi bisa diduga kalau judulnya merepresentasikan tentang negara Rusia dan negara China.

Setiap pencerita punya tokoh, Ian Flemming punya James Bond, Robert Ludlum punya Jason Bourne, Dan Brown punya Robert langdon. Tokoh di ceritanya Tom Clancy selalu Jack Ryan seorang analis CIA pada awalnya. Namun di Novel ini dia sudah jadi Presiden. Baru kali ini tokoh novel jadi Presiden(mungkin di novel sebelumnya dia diangkat jadi Presiden). Jack Ryan tidak seperti James Bond atau Robert Langdon yang doyan gonta ganti pasangan dia lebih mirip tokoh super hero seperti Superman atau Spiderman yang selalu setia pada pasangannya. Semua tokoh super hero selalu setia kenapa ya?. Bahkan diceritakan di sini kalau Jack Ryan sudah punyak 4 anak dari istrinya.

Jack Ryan di film sudah beberapa kali diperankan. Di Film Patriot Games dan Clear and Present Danger diperankan Harrison Ford, The Hunt for Red October diperankan Alec Baldwin, di Sum Of All Fears diperankan Ben Affleck. Yang paling bagus menurutku Harrison Ford tapi sekarang sudah terlalu tua. Ben Affleck memang good looking tapi menjadi Jack Ryan menurutku kemudaan apalagi kalau novel ini difilmkan gak cocok banget Ben Affleck jadi Presiden.

Di film gak ada joke ternyata di novelnya ada. Pengen tahu lelucon Polandia?."Tahun lalu ada orang Polandia yang belajar menghidupkan TV mereka, padahal hanya ada enam atau tujuh orang yang bisa membaca tidak termasuk gadis Polandia yang tidak menggunakan vibrator karena alat itu membuat giginya pecah".
Funny tapi agak vulgar menurutku.

1 Comments:

At 1:58 PM, Blogger dahlia said...

tup tup gw mene ketehe hape elo bunyinya titit...orang gw lom tau nomer hape elo ? :) wakakakakak pertanyaan menjebak padahal gw mau nomer hape elo tuuuh..mayan nambah temen kencan wakakakakakakak

 

Post a Comment

<< Home