atas

Tuesday, June 13, 2006

Piala Dunia dan Warna Warni IndonesiaKu

Tulisan di bawah ini adalah subyektif belaka dan tanpa pretensi apa pun.

Piala dunia 2006 sudah bergulir di Jerman, siapa yang anda jagokan? Kalau aku gak suka yang standar maksudnya aku nggak mau lagi juara bertahan maupun tuan rumah jadi juara aku mau yang lain. Jagoanku adalah Belanda sama Italia. Pertandingan pertama sudah mereka lakukan dan hasilnya tidak mengecewakan karena dua-duanya menang.

Kenapa aku menjagokan Belanda mungkin karena sudah lama Belanda nggak terdengar berprestasi setelah 'cuma' jadi dua kali runner up. Kan kasihan dua kali masuk final tapi gak juara. Perancis aja sekali final langsung juara. Selain itu aku juga suka Van Basten pelatihnya Belanda. Kalau Italia aku jagokan karena emang dari dulu suka menjagokan Italia walau permainannya sendiri menjemukan dengan pertahanan yang super ketat. Tapi mungkin itu juga kenapa aku menjagokan Italia.

Selain Belanda dan Italia sebenarnya aku juga suka sama permainan Spanyol yang terbuka, mereka main dengan gaya nothing to lose, menang syukur kalah juga sepertinya mereka nggak sesali. Dan yang lain dari Spanyol adalah kostumnya, ya aku paling suka kostum Spanyol. Aku pasti beli kostum Spanyol lagi(Eh kaya apa seragamnya sekarang?). Kalau Brazil menurutku norak dengan gaya kuning hijaunya, sementara Belanda dengan warna orange polos gaya Jackmania. Inggris dan Jerman dengan warna putihnya lumayan enak buat dilihat. Sementara Argentina dari dulu dengan gaya belangnya yang serupa dengan warna benderanya bosen gak kreatif.

Apakah warna kostum harus sama dengan warna bendera? Menurutku tidak harus. Lihat saja Belanda dengan Orange nya padahal warna benderanya Merah Putih Biru. Jepang juga biru padahal benderanya matahari terbit warna merah. Jerman dengan setianya berwarna putih padahal gak ada warna putih di benderanya. Australia dan Italia pun demikian.
Lalu salahkah kalau misalnya Indonesia mengganti warna kostumnya menjadi warna lain? Maaf, dengan tidak bermaksud mengurangi rasa hormat saya pada founding father dan para pejuang kemerdekaan yang saya bicarakan adalah warna kostum bukan warna bendera. Maksud saya mungkin para pemain merasa terbebani dengan warna merah itu sehingga boleh dibilang tim PSSI tidak pernah berprestasi tinggi. Kalau sudah merasa terbebani dampak psikologis ya jadi jelek permainannya. Jadi apa salahnya kalau diganti? Jepang aja setelah berwarna biru sekarang prestasinya hebat, dan Inggris yang sudah modern mengubah warna seragam keduanya dari abu-abu menjadi merah hanya karena abu-abu katanya selalu membawa sial. Jadi mungkin saja faktor warna bisa berpengaruh baik buat tim PSSI sehingga bisa tampil di piala dunia.

Tapi kira-kira warna apa yang bisa membawa pengaruh baik dan tentu saja rasa ke Indonesian nya masih harus ada.
Bagaimana kalau warna biru? Jangan-jangan kata temanku yang bijak, nanti dibilang mentang-mentang yang mimpin warna biru semua harus biru.
Bagaimana kalau warna kuning? Jangan-jangan kata temanku yang suka demo pada jamannya itu, pokoknya jangan, aku trauma dengan warna itu katanya.
Bagaimana dengan warna hijau? Jangan-jangan kata temanku yang lain, Ini kan bukan negara Agama ini negara Pancasila(apa hubungannya?) kata temanku yang kemarin-kemarin ikut demo menentang RUU APP.

Lalu warna apa dong?
Bagaimana kalau semua warna ada? Ya betul bukankah Indonesia punya slogan Bhinneka Tunggal Ika dengan banyak ragam suku bangsanya. Jadi warnanya ya warna-warni sesuai dengan ke Indonesia an yang beraneka ragam. Jadi kostum Tim PSSI adalah warna warni. Ya hidup PSSI hidup warna warni Indonesia ku.


*****

Kalau udah pusing jadi ngaco kan gue.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home