atas

Monday, May 29, 2006

Nonton

Da Vinci Code

Novel jadi film jadinya thriller biasa.

Ceritanya secara garis besar sama persis dengan novelnya, dari sisi kata-kata mungkin banyak yang dihilangkan atau beberapa tidak diterjemahkan padahal jelas-jelas itu bahasa Inggris bukan bahasa negara antah berantah. Mungkin takut menyinggung agama tertentu barangkali. Tapi kayaknya mereka yang nggak baca novelnya mungkin bingung karena ada beberapa hal yang tidak diterangkan di film seperti apa itu opus dei, atau uskup aringarosa itu sebagai apa disitu, dan lain-lain.

Karakter-karakter tokoh dalam novel diterjemahkan secara pas oleh para aktor maupun aktrisnya. Tom Hanks sebagai Robert langdon gak bisa disangsikan aktingnya sementara pemeran utama wanitanya Audrey Tautou juga sama sekali tidak mengecewakan. Yang lainnya ok semua.

Ceritanya lumayan panjang dan agak sulit untuk diringkas. Intinya Robert Langdon sebagai ahli simbol dipanggil untuk ikut serta dalam pengungkapan pembunuhan kurator museum di Prancis. Dimana pembunuhan tersebut berlatar belakang pencarian Holy grail alias cawan suci yang katanya infomasinya keberadaanya disembunyikan oleh para biarawan Sion. Sang Kurator adalah salah satu pemimpin biarawan sion menurut si pembunuh. Holy Grail sendiri disini bisa diartikan sebagai cawan yang dipakai Yesus pada saat perjamuan terakhir bisa juga diartikan sebagai simbol wanita Maria Magdalena(menurut percakapan di film ini dia istri Yesus). Ini yang jadi kontroversi.Tapi ternyata kode-kode yang diberikan oleh sang kurator sebelum terbunuh menunjuk dan menuntun Cucunya untuk bertemu dengan keluarga besarnya.
Wah panjang ceritanya mending baca sendiri novelnya.

Pokoknya kalau gak merasa dizalimi dengan cerita film ini bagusnya nonton lumayan buat nambah-nambah informasi. Ada anagram, ada bilangan fibonaci, ada Cryptex.


POSEIDON

Seperti nonton Titanic tapi tenggelam bukan karena nabrak gunung es melainkan terbalik gara-gara ada gelombang tsunami. Kapal bernama Poseidon itu benar-benar terbalik dengan baling-baling kapal ada di atas.

Yang sulit dari film ini mungkin bukan cuma membuat kapal besar yang terbalik karena ombak besar tapi juga membuat semua ruangan terbalik, atap jadi lantai dan lantai jadi atap. Sulit mencari kesalahan dari kondisi itu dikarenakan dari satu adegan ke adegan lainnya berlangsung cepat.

Pemainnya ada Kurt Russel, Josh Lucas, Richard Dreyfuss dan lain-lain yang tidak saya kenal kecuali anak kecilnya yang pernah saya lihat di film Firewall. Nggak ada yang luar biasa semua biasa-biasa saja.

Ceritanya perayaan tahun baru kapal pesiar bernama Poseidon yang tengah berada di tengah lautan ditabrak badai besar sehingga terbalik. Sebagian penumpang pada mati, sebagian lagi masih hidup dan tetap berada di ruangan besar(aula) di kapal tersebut, dan sebagian kecil lagi berusaha untuk menyelamatkan diri dari kapal tersebut untuk keluar lewat pintu baling-baling kapal yang posisinya memang di atas air. Jadi inti ceritanya menyelamatkan diri dari kapal besar yang terbalik sebelum kapal itu tenggelam.

Biasa-biasa aja.


BASIC INSTINCT 2

Too many censored. No Comment.

2 Comments:

At 6:01 PM, Anonymous Anonymous said...

ck ck movie holic yak?
heuheu..
pengen ntn da vinci code niy tp lom sempet2 huhuhu

 
At 9:17 AM, Blogger dahlia said...

kalo nonton ajak ajak dooooong
hehehehe
karna ga di ajak nga komen juga

 

Post a Comment

<< Home