atas

Wednesday, February 14, 2007

Bintangku Bintangmu

Beredar dari e-mail ke e-mail kalau penanggalan perbintangan atau zodiac berubah. Entah siapa yang menyebarkan pertama tapi katanya itu data diambil berdasarkan penelitian astronomi ITB. Entah valid atau tidak. Aku juga ikut berubah dari Pisces menjadi Aquarius. Masih sama-sama ada hubungan dengan air. Tapi bukan berarti aku seneng sama banjir.

Temenku si Ari juga berubah katanya dari Aries menjadi Pisces. Harusnya namanya juga berubah sesuai zodiacnya kalau gak pisci ya piscy. Halah. Temenku yang lain dulu pernah bilang pingin mengganti bintangnya, sekarang sepertinya tercapai cita-citanya.

Yang membedakan lagi dulu ada 12 bintang sekarang ada 13. Bintang Ophiuchus yang baru letaknya deket dengan tengah galaksi bima sakti. Antara Scorpius dan Sagitarius. Dari Sagitarius ke Timur dan dari Scorpius ke Barat. Tanggalannya antara 29 November sampai 18 Desember. Simbol Astrology nya gak ada. Tapi kalau gambarnya menurut sejarah adalah gambar orang dibelit ular. Banyak teori tentang gambar itu salah satunya itu adalah Apollo yang sedang berkelahi dengan piton. Ramalan untuk orang yang berbintang ini mungkin belum ada jadi jangan tanya Mama Sahara dulu.

Para ahli astronomi bilang katanya bukan cuma 12 tapi bisa sampai 24 rasi bintang yang ada di langit sana. Bumi berputar mengelilingi matahari. Karena berputar maka menghasilkan garis putar. Rasi bintang yang mengenai garis putar itu ada 12. Kalau sekarang berubah menjadi 13 itu gak tahu kenapa. Tapi katanya ahli astronomi, bintang Ophiuchus itu justru lebih banyak mengenai garis putar bumi daripada bintang Scorpius. Tapi karena Scorpius jauh lebih bersinar sementara bintang Ophiucus kurang bersinar maka Scorpius lah yang jadi bintang.

Soal benda-benda di langit sana sepertinya soal aku-akuan saja ya. Dulu Pluto itu masuk sebagai planet bumi tapi sekarang pluto sudah bukan planet bumi lagi tapi cuma bintang kerdil karena memang kecil dan gak masuk definisi planet. Sekarang malah ada rasi bintang baru masuk zodiac.

Kalau ada yang bertanya pilih mana jalan-jalan keluar angkasa sana atau jalan-jalan ke dalam lautan yang paling dalam. Aku tetep jawab lebih memilih lihat dasar lautan. Alasannya kan bintangku Pisces eh Aquarius. Teuteup gak nyambung.

1 Comments:

At 1:25 PM, Anonymous Anonymous said...

Nah lho, aku kok sekarang jd Virgo??? padahal aku lebih seneng jadi Libra...

 

Post a Comment

<< Home